Terpopuler

Pasang Iklan Murah Di Blog Ini
Pasang Iklan Murah Di Blog Ini
Pasang Iklan Murah Di Blog Ini
Pasang Iklan Murah Di Blog Ini
Home » » 6 Matematikawan Pintar Di Dunia

6 Matematikawan Pintar Di Dunia

Written By Unknown on Sabtu, 13 Juli 2013 | 12:40:00 PM

1.  Pythagoras of Samos

Pythagoras adalah matematikawan yang berasal dari yunani yang di anggap matematikawan besar pertama di dunia.Hidup disekitar tahun 570-495 SM, di Yunani modern, ia dikenal telah mendirikan kultus Pythagoras, yang dicatat oleh Aristoteles menjadi salah satu kelompok pertama untuk secara aktif belajar dan memajukan matematika. Ia juga sering dikreditkan dengan Teorema Pythagoras dalam trigonometri.Dia bisa disebut bapak pendiri matematika modern.

2.Andrew Wiles

Andrew Wiles yang paling terkenal untuk bukti tentang Teorema Terakhir Fermat: Bahwa tidak ada bilangan bulat positif, a, b ​​dan c dapat memenuhi persamaan a ^ n + b ^ n = c ^ n Untuk n lebih besar kemudian 2. (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras).Mungkin ia tidak terkenal dengan matematikawan lain nya tetapi ia menemukan bukti tentang teorema didalam matematika. Selain itu, dedikasinya sering dikagumi oleh sebagian besar, karena ia secara harfiah menutup diri selama 7 tahun untuk merumuskan solusi. Ketika ditemukan bahwa solusi yang terdapat kesalahan, ia kembali ke kesendirian selama setahun lebih lanjut sebelum solusi itu diterima.

3.Isaac Newton


Isaac Newton merupakan  seorang fisikawan dan matematikawan inggris yang secara luas dianggap sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang waktu dan sebagai tokoh kunci dalam revolusi ilmiah. Bukunya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica ("Prinsip Matematika Filsafat Alam"), pertama kali diterbitkan pada tahun 1687, yang menjelaskan tentang dasar untuk sebagian besar mekanika klasik.Newton Principia merumuskan hukum gerak dan gravitasi universal yang mendominasi pandangan para ilmuwan tentang alam semesta fisik selama tiga abad berikutnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda angkasa dapat digambarkan oleh prinsip-prinsip yang sama. Dengan menurunkan hukum Kepler tentang gerak planet dari deskripsi matematika gravitasi. 

Newton membangun teleskop refleksi pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa prisma cahaya putih terurai ke dalam banyak warna dari spektrum yang terlihat. Dia juga dirumuskan suatu hukum empiris pendinginan dan mempelajari kecepatan suara. Selain karyanya pada kalkulus, sebagai ahli matematika Newton memberikan kontribusi untuk mempelajari deret pangkat, generalisasi teorema binomial untuk eksponen non-integer, dan mengembangkan metode Newton untuk mendekati akar fungsi. 

4.Alan Turing


Alan turing merupakan ilmuwan komputer dan kriptanalis yang hidup pada tahun 1912-1954.
Setelah bekerja dalam Kode Pemerintah dan Cypher Sekolah di Inggris selama perang dunia kedua, ia membuat penemuan penting dan menciptakan ground breaking metode melanggar kode yang akhirnya akan membantu dalam cracking Enkripsi Enigma Jerman. Tidak diragukan lagi yang di lakukan nya mempengaruhi hasil dari perang.Setelah akhir perang ia menginvestasikan waktunya di komputer.ia dianggap salah satu ilmuwan komputer pertama.

5. Johann Carl Friedrich Gauss
 

Bocah Ajaib bernama Johann Carl Friedrich Gauss adalah matematikawan, astronom, dan fisikawan Jerman yang memberikan beragam kontribusi; ia dipandang sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa selain Archimedes dan Isaac Newton

Dilahirkan di Braunschweig, Jerman, saat umurnya belum genap 3 tahun, ia telah mampu mengoreksi kesalahan daftar gaji tukang batu ayahnya. Menurut sebuah cerita, pada umur 10 tahun, ia membuat gurunya terkagum-kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung jumlah suatu deret aritmatika berupa penghitungan deret 1+2+3+...+100. Meski cerita ini hampir sepenuhnya benar, soal yang diberikan gurunya sebenarnya lebih sulit dari itu.

Gauss ialah ilmuwan dalam berbagai bidang: matematika, fisika, dan astronomi. Bidang analisis dan geometri menyumbang banyak sekali sumbangan-sumbangan pikiran Gauss dalam matematika. Kalkulus (termasuk limit) ialah salah satu bidang analisis yang juga menarik perhatiannya.

6. Archimedes


Archimedes merupakan ilmuwan terbesar tentang matematika. hidup pada tahun 287 SM - 212 SM Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar sejarah, mungkin bersama-sama Newton dan Gauss.


sumber : id.wikipedia.org
 
 

0 Komentar:

Posting Komentar